Hello,This is me!

Riz Altaf

Not everyone will understand ur journey It's Okay! You're here to live ur life Not to make everyone understand

Selasa, 20 Oktober 2015

Pulau tersebut bernama Nusa Penida

source: wikimedia.org
Dulu sebelum kakakku meninggal, dia pernah mengajakku ke pantai sanur. Kita duduk di tepi pantai ditemani oleh suara ombak. Aku melihat di sekitar, seperti biasa pantai sanur selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai macam daerah. Hingga mataku berhenti pada segerombolan orang dengan pakaian adat bali dengan warna serba putih berjalan menuju ke salah satu Boat yang berada di pinggir pantai. Sepertinya mereka akan berkunjung ke suatu tempat.

Ternyata kakakku cukup memperhatikanku, “Mereka mau ke Nusapenida”, begitu celetuknya. “Nusa Penida?”, jawabku. “Iya, banyak orang bali yang bersembahyang di pulau Nusapenida dan katanya di sana banyak tempat yang indah untuk di kunjungi. Bukankah kamu suka jalan-jalan? Kapan rencana ke sana?”. “Insha Allah, kalau ada waktu”, jawabku. Dan Alhamdulillah sekarang aku mempunyai waktu untuk mengunjungi sebuah tempat yang pernah kita bicarakan berapa tahun yang lalu. Pulau yang bernama Nusapenida J

***

Adalah sebuah pulau (=nusa) yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Nusapenida juga biasa dipanggil dengan sebutan “The Golden Egg of Bali”. Panggilan tersebut memang cocok untuk pulau yang satu ini, karena di pulau ini terdapat banyak tempat wisata yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Apa saja tempat wisata di Nusa Penida? Berikut yang paling terkenal:

Pasih Uug (Broken Beach)
Angel's Billabong
Crystal Bay
Bukit Pantai Atuh

Berangkat pagi menuju pantai sanur, kita langsung mencari Fast Boat yang menuju ke Nusapenida dan akhirnya kita menemukan satu Boat yang bernama “Mola-Mola Express”. Tiket Fast Boat Mola-mola menuju Nusa Penida sekali jalan Rp.75.000 dengan jadwal keberangkatan dari sanur pukul 08.30 & 15.30 sedangkan dari Nusa Penida juga sama, yaitu 08.30 & 15.30. Karena kita Cuma punya waktu satu hari, maka kita langsung pesan tiket PP dari sanur jam 08.30 dan pulang dari Nusa Penida jam 15.30. Awalnya kita beranggapan waktu tersebut sudah cukup, tapi.. ternyata… (baca kelanjutannya)

Boat yg kita naiki

Fast Boat




Plan 3 atau 4 tempat yang kita kunjungi, tapi ternyata waktu kita hanya cukup untuk satu tempat yaitu Bukit Pantai Atuh, baca ceritanya di sini: Bukit Pantai Atuh. Perjalanan menuju pulau Nusa Penida bisa dibilang “Menyenangkan”. Dengan mengendarai Fast Boat, waktu yang kita perlukan untuk menuju pulau tersebut hanya memakan waktu kurang-lebih 45 menit. Bahkan waktu pulangnya, boatnya lebih cepat. Seperti di video yang sempat aku rekam di bawah ini:

A video posted by Riz Altaf (@rizaltaf) on

Pulau Nusa Penida bisa aku bilang masih sepi penduduk. Masih alami. Kebanyakan masyarakat di sana bekerja sebagai Nelayan. Beberapa saran dari aku yang mungkin bisa membantu sahabat yang akan ke Nusa Penida:

~ Jika kalian ingin puas di Pulau Nusa Penida ini, sepertinya satu hari belum cukup untuk menjelajahi tempat-tempat wisatanya. Pulaunya memang cukup kecil, tapi jalan aksesnya kebanyakan naik-turun bukit sehingga cukup memakan waktu perjalanan juga.
~ Harga sewa motor di Nusa Penida dibanderol dengan harga rata-rata Rp. 60.000
~ Sempat Tanya di warga setempat, untuk penginapan di sana rata-rata Rp.100.000 - 150.000 /malam
~ Beli tiket boat lebih awal dan juga lebih baik langsung beli dua tiket (PP)
~ Pastikan minimal 30 menit sebelum keberangkatan boatnya, kamu sudah standby di tempat
~ Gunakan bantuan GPS untuk mencari tempat wisatanya. Sekedar info, jika kamu menggunakan GoogleMaps, tandai terlebih dahulu tempat yang ingin kamu tuju lalu mulailah start rute. Dan selama di perjalanan ke tempat wisatanya, matikan koneksi internet. Karena GPS tetap berjalan tanpa koneksi internet, selama mapnya sudah kamu download sebelumnya. Karena di Nusa Penida tidak semua daerah terjangkau oleh sinyal, jadi agar lebih menghemat baterai dan juga agar hp tidak cepat panas alangkah baiknya kamu mematikan paket data karena memaksa mencari koneksi sinyal operator bisa membuat batrai hp boros.
~ Tidak lupa, selalu tersenyum dan ramah dengan warga sekitar. Karena kita adalah tamu J

Tiket Boat

Tempat Bersandar Boatnya (Sampalan - Nusa Penida)



Semua artikel di blog ini hanyalah untuk berbagi. Mohon maaf jika ada salah dalam penulisan kata. Kritik dan saran sangat diterima, silakan meninggalkan komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih

0 comments:

Posting Komentar