Hello,This is me!

Riz Altaf

Not everyone will understand ur journey It's Okay! You're here to live ur life Not to make everyone understand

Jumat, 31 Maret 2017

15 Hal Yang perlu kamu Ketahui sebelum Menginap di Hotel Berbintang


Pengalaman pertama memang sangatlah mengesankan, namun bagaimana jika yang kamu dapat adalah pengalaman buruk atau yang memalukan? 

Untuk yang tidak ingin mendapatkan pengalaman buruk ketika menginap di hotel, jangan khawatir... kali ini aku ingin memberikan beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk kamu khususnya untuk yang baru pertamakali hendak menginap di Hotel Mewah. Menginap di hotel berbeda dengan menginap di rumah lo ya...?! Jadi kamu harus tahu setidaknya apa saja aturan dan fasilitas hotel yang akan kamu jadikan tempat menginap. Beda lagi kalau itu hotel milik keluargamu, Mau jungkir balik ya silakan.

Lalu? Apa saja yang perlu kamu perhatikan saat hendak menginap di Hotel?


Voucher Hotel
(1)

Waktu Check in dan Check out beserta Detail Hotel



Memang rada aneh tapi terkadang banyak yang lupa. Pastikan kembali kamu ingat kapan waktunya check in dan check out hotel yang akan kamu tempati. Jika kamu membelinya secara online, di voucher cukup tertulis jelas mengenai informasi hotel. Mulai dari nama hotel, alamat, nomor telefon, dan juga waktu check in dan check out.

Rata-rata jam Check In dimulai dari pukul 14:00 namun beberapa hotel memiliki kebijakan lain. Jangan sungkan untuk menanyakan kebijakan hotel pada receptionist seperti checkin lebih awal, misalnya. Pengalaman pribadiku, aku diperbolehkan checkin lebih awal saat menginap di Amaia Hotel Mataram tanpa biaya tambahan padahal saat itu masih pukul 12:00. Berbeda halnya dengan Fizz Hotel Mataram, pengalaman saat menginap di sana, aku tidak bisa check in lebih awal di hotel tersebut namun receptionistnya menawarkan tempat penitipan barang selama menunggu waktu check in. Semuanya kembali ke kebijakan hotel masing-masing. Ada juga yang memasang tarif lebih untuk Early check in.

Untuk waktu Check Out adalah pukul 12:00. Biasanya receptionist akan mengingatkan kamu dengan cara menelfon setengah jam sebelum waktu check out. Pastikan kamu tidak tertidur. Jangan sampai karena keenakan di hotel kamu tertidur pulas hingga lupa waktunya cabut. Sepertihalnya check in, hotel juga memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Mengenai adanya early check in ataupun late check out itu biasanya ditentukan oleh low season atau peak season. Biasanyanya saat peak season hotel tidak bisa memberikan fasilitas tersebut. Ya mikirlah ya... saat ramai-ramainya kamu kok minta dimanjain terus.

source: id.wikihow.com
(2)

Barang Bawa'an


Bawa barang secukupnya saja. Yang sekiranya kamu perlukan. Jangan bawa selemari, gak tahu lagi jika kamu memang mau menjadikan Hotel sebagai rumah kedua atau kosan bulananmu.

Fasilitas hotel salah satunya adalah membawakan barang bawaan tamu. Itu sebenarnya memang tugas mereka, apalagi jika barang bawaannya banyak. Namun tidak jarang terkadang pihak hotel lupa atau malas sehingga tidak memperdulikan barang yang kamu bawa. Ingatkan saja mereka kalau kamu memang perlu bantuan. Gak lucu kan kamu neteng barang kemana-mana saat mencari kamarmu. Ada pihak hotel yang mengantarkan kamu sampai depan kamar, namun ada juga yang hanya memberikan petunjuk jalannya.

Seperti yang sebelumnya aku bilang, jangan sungkan untuk menanyakan masalah penitipan barang. Jika kamu lebih awal datang ke hotel padahal belum waktu check in, kamu bisa menitipkan barangmu terlebih dahulu ke receptionist. Kamu bisa menggunakan jeda waktu tersebut untuk makan siang mungkin? atau bisa juga untuk jalan-jalan. Begitupun saat check out, kamu juga bisa menitipkan barangmu sebentar mungkin saat kamu hendak membeli oleh-oleh?! untuk lama waktu penitipan kembali lagi tergantung kebijakan hotel masing-masing.

image source: securethoughts.com
(3)

Saat Check In, Ngapain aja?


Pertamakali masuk Hotel, di receptionist pasti ditanya, "Ada yang bisa saya bantu?". Beda lagi kalau receptionistnya mantan kamu. Siap-siap ganti tampang aja dah mendingan wkwk.

Saat check in, receptionistnya biasanya menanyakan nama pemesan kamar hotel dan juga kartu identitas untuk discan / fotocopy. Itu memang kebijakan dari Hotel. Apakah ada dasar hukum yang kuat untuk masalah ini? Aku belum tahu tentang hal tersebut. Namun yang pasti, identitas tersebut digunakan untuk keperluan pendataan identitas tamu yang menginap di hotel. Juga sebagai bukti bahawa identitas tamu sama dengan yang tertera di voucher pemesanan.

Kunci kamar akan diberikan ke kamu saat verifikasi checkinmu selesai. Selain itu rata-rata hotel juga memberikan welcome drink dan password wifi dan juga penjelasan singkat mengenai kebijakan hotel. Ada juga yang memberikan Handuk Dingin. Lebih baik kamu membawa uang cash sebelum check in, karena sebagian hotel meminta deposit ke kamu. Yap deposit berupa uang tersebut digunakan sebagai jaminan dan bisa kamu ambil saat check out. Tidak banyak, rata-rata 200rb. Bisa juga pakai kartu kredit ataupun debit. Pengalamanku, untuk debit baru bisa diambil setelah berapa minggu jadi mending cash aja.

image source: olx.com.ng
(4)

Kunci Kamar


Jangan sampai terlihat katrok saat kamu mendapatkan kunci kamar berbentuk kartu. Banyak yang perlu kamu ketahui tentang kunci kamar tersebut. Beberapa hotel bahkan mulai memanfaatkan kunci elektronik multi fungsi dimana Key Card Lock tersebut juga digunakan untuk fasilitas Lift. Mungkin untuk lebih menjaga privasi. Saat Check In biasanya pihak hotel memberikan 2 kunci. Jangan sampai hilang, yang ada kamu bakal ribet ngurusnya. Nomor kamar hotel yang kamu pakai juga ada di kunci tersebut, jadi langsung hafalin nomor kamarnya jangan sampai salah masuk kamar.

Energy Saver

Selain itu, buat yang pertama kali menginap di hotel yang tidak diantar sampai pintu kamar kebanyakan mengalami pengalaman yang satu ini yaitu bingung cara menyalakan listrik. Key Card kotak yang kamu pegang tersebut selain berfungsi untuk membuka kamar, juga berfungsi sebagai saklar listrik (Energy Saver). Letakkan di kotak sebelah pintu yang biasanya bertuliskan "Insert card for Power" atau logo panah kebawah maka sensor akan merespon otomatis dan aliran listrik akan terhubung sehingga lampu dan AC akan otomatis menyala.


Pintu Kamar Hart Hotel
(5)

Pintu Kamar Hotel


Di pintu kamar hotel terdapat lubang kecil. Sebut saja lubang intip. Lubang intip ini berguna agar penghuni kamar bisa mengetahui siapa yang berada di balik pintu, semisal ada yang mengetuk pintu dan kamu ingin tahu siapa orang dibelakang pintu tersebut. Begitu terlihat sepele namun kamu perlu waspada terhadap lubang intip ini, karena yang pernah aku baca dari berita online ada yang menggunakan lubang intip ini sebagai tindak kriminal yaitu dengan cara membobolnya dan memasukkan kamera kedalam lubang intip tersebut sehingga aktifitas di dalam kamar menjadi terekam.

Tidak ada salahnya kan untuk lebih waspada. Jangan lupa menutup lubang tersebut jika hotel yang kamu inapi memiliki penutup lubang intip. Jika tidak, kamu bisa menutupnya dengan kertas dan tempelkan ke pintu. Periksa kembali lubang intip tersebut dan jika merasa ada kejanggalan segera laporkan ke pihak hotel. Bagaimanapun privasi harus tetap terjaga.

Selain Lubang intip di pintu juga ada rantai kunci keamanan fungsinya juga sama. Untuk menjaga keamanan dari orang luar yang hendak masuk ke kamar


image source: savetysign.com
(6)

Smoking Area


Jika kamu adalah seorang perokok, maka seharusnya kamu tahu dimana letak "Smoking Area" ketika menginap di hotel. Jangan sekali-kali menyalahi aturan karena di setiap kamar hotel terdapat smoke detector. Fungsi dari smoke detector ini adalah mendeteksi adanya kepulan asap yang memenuhi ruang kamar sehingga karyawan hotel di divisi engineering bisa tahu adanya asap yang dapat dimungkinkan sebagai titik awal terjadinya kebakaran.

Di belakang kamar hotel biasanya ada Balkon. Gunakan balkon tersebut sebagai tempat bersantai. Ngopi dan minum kopi, misalnya. Pastikan juga di tempat tersebut tidak terdapat larangan merokok yang biasanya nempel di dinding :)

Djabu Hotel
(7)

Jenis dan Ukuran Kasur


Sering terjadi kesalahpahaman antara pemesan hotel dan petugas hotel. Maka dari itu setidaknya kamu harus memahami terlebih dahulu macam-macam kasur di hotel. Khususnya perbedaan antara Single Bed, Double Bed dan Twin Bed. Jika kamu ingin dua kasur yang terpisah, maka pilihlah yang Twin Bed. Karena selain Twin Bed, kasur hanya berjumlah satu namun dengan ukuran yang berbeda-beda.

Single Bed adalah ranjang paling kecil dengan ukuran 90cm x 195cm, Super single Bed hampir mirip dengan Single Bed hanya saja ukurannya lebih besar yaitu 135cm x 195cm. Queen Bed adalah tempat tidur dengan ukuran sedang yang berukuran 160cm x 195cm. King Bed berukuran lebih besar dari Queen Bed yaitu 180cm x 195cm.

Twin Bed, seperti yang aku bilang sebelumnya memiliki arti "kembar" maka lebih dari satu ranjang dalam satu kamar hotel dengan ukuran dan wujud yang serupa. Untuk jenis tempat tidurnya tergantung dari hotel masing-masing. Bisa berukuran single bed atau juga bisa super single bed

Double Bed. Banyak yang salah kaprah yang mengira double bed adalah dua kasur di dalam satu kamar. Yang dimaksud dengan Double Bed tersebut bukanlah dua ranjang yang terpisah seperti Twin Bed. Double Bed  adalah ranjang besar yang muat apabila ditempati oleh dua orang. Istilah lainnya Large Bed

Extra Bed. Sesuai namanya extra bed adalah ranjang tambahan yang biasanya berwujud kasur lipat dengan ukuran single. Ranjang ini disediakaan hotel sesuai permintaan tamu dan biasanya dikenakan biaya tambahan.

-
(8)

Kamar Mandi


Yang paling aku suka dari Hotel berbintang adalah Kamar Mandinya. Dengan penataannya yang bermacam-macam. Dari penataan lampu penerangan, cermin, juga aksesoris kamar mandi yang biasanya aku bawa pulang untuk koleksi wkwkw.

Biasanya hotel memberikan sabun dan shampo berbentuk botol kecil yang bisa kamu bawa pulang namun kadang juga ada yang berbentuk tabung besar nempel di tembok, yang pasti jangan dibawa pulang kalau yang bentuknya seperti itu wkwk

Sikat gigi, pasta, sabun cuci dan air mineral biasanya diletakkan di sebelah wastafel. Ada yang menggunakan bath tub, ada juga yang hanya memakai shower. Cek terlebih dahulu air panasnya, berfungsi atau tidak? jika kamu memang suka mandi menggunakan air panas. Eh air hangat ding maksudku. Dan jangan heran juga ya jika kamu menemukan shower yang berada di luar alias outdoor. Mungkin mau coba sensasi mandi yang berbeda? #kedipnakal


Handuk Fizz Hotel Mataram
(9)

Handuk


Ada bebarapa jenis handuk di hotel yang perlu kamu pahami. Bath Sheet, handuk yang memiliki lebar dan panjang yang cukup besar berfungsi untuk mengeringkan seluruh badan. Bath Towel, berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk mengeringkan rambut dan tubuh bagian atas selepas mandi. Bath Mat, merupakan handuk persegi panjang yang digunakan sebagai keset/alas kaki di kamar mandi untuk mengeringkan kaki selesai mandi. Hand Towel, handuk persegi panjang yang berfungsi untuk mengelap tangan setelah mencuci tangan di wastafel. Wash Cloth, berbentuk persegi digunakan dengan cara membasahinya, menuangkan sabun diatasnya dan kemudian digunakan untuk mencuci muka.

Jika kamu selesai menggunakan handuk dan berharap agar handuk tersebut diganti oleh house keeping, maka jangan lupa untuk meletakkannya di lantai.

Surat Cinta dr Umalas Hotel
(10)

Tidak Semua yg di dalam Kamar Hotel Gratis


Jangan beranggapan karena sudah membayar lunas hotel maka semua yang ada di kamar adalah gratis. Kebanyakan di hotel yang berbentuk suite room banyak sekali makanan dan minuman di meja atau kulkas. Perhatikan baik-baik, saat kamu check in ada pihak hotel yang meminta kamu untuk deposit uang yang nantinya bisa kamu ambil saat check out. Lalu apa fungsinya dari deposit tersebut? inilah salah satu kegunaannya yaitu ketika kamu mengambil makanan/minuman yang berbayar di dalam hotel maka nanti otomatis saat check out ada total biaya tambahan yang harus kamu bayar. Bisa menggunakan deposit uangmu tersebut.

Hotel cukup jelas memberikan pesan ke kamu dengan meletakkan daftar harga disamping makanan/minuman yang berbayar. Atau juga dengan note kecil untuk makanan/minuman yang memang gratis. Pengalaman pribadiku saat menginap di Umalas Hotel aku mendapatkan surat kecil dari hotel dan juga buah segar gratis diatas meja.

Jangan khawatir mengenai makanan/minuman di dalam kulkas. Cukup abaikan saja mereka jika kamu tidak ingin membayar. Kamu bisa menitipkan makanan/minumanmu sendiri di dalam kulkas. Untuk Coffee / Tea gratis. Disediakan juga pemanas air dan gelas.

Safe Deposit Box
(11)

Tempat Meletakkan Barang


Ada Lemari, Ada Laci, ada Juga Safe Deposit Box yang bisa kamu gunakan untuk meletakkan barang bawaan kamu. Hati-hati jangan teledor. Letakkan barangmu dimana yang menurutmu gampang kamu ingat. Jangan lupa check kembali saat akan pergi dari hotel. Saat check out pihak hotel biasanya mengecek ruangan kamar kamu sebelum kamu tinggalkan. Aku pribadi pernah lupa memasukkan kamera ke dalam tas, untungnya pihak hotel menemukan di dalam selimut saat check out.

Breakfast
(12)

Breakfast / Sarapan


Jika kamu memesan Hotel secara online, biasanya kamu temui kamar dan fasilitas yang sama namun dengan harga yang berbeda. Coba lihat kembali apa yang membuat harga kamar tersebut berbeda. Yap! With Breakfast or Not? Untuk selisih harga memang lumayan, namun jika kamu membeli makanan di hotel tersebut secara terpisah yang ada lebih mahal. Itu adalah harga paket terbaik dari hotel. Jika kamu ingin lebih hemat kamu bisa membeli makanan/minuman di luar hotel jadi hanya bayar penginapannya saja.

Untuk waktu breakfast biasanya dijelaskan saat check in. Ada beberapa pilihan menu breakfast yang bisa kamu pilih. Jangan sungkan untuk menanyakannya saat hendak sarapan. cukup sebutkan saja kamar nomor berapa atau tunjukkan kunci kamar untuk mendapatkan breakfast dari Hotel.


source: vecteezy.com
(13)

House Keeping & Room Service


Jika kamu menginap lebih dari sehari, pada pukul 10:00 - 12:00 kamarmu akan dibersihkan oleh House Keeping. Sempat lihat kertas yang nyantol di gagang pintu? kertas bertuliskan "Please do not disturb" dan "Please make up room". Nah letakkan kertas tersebut di gagang pintu sesuai dengan keiinginanmu. Ingin dibersihkan? atau tidak ingin diganggu?

Untuk Room Service bertugas mengantarkan makanan atau barang yang kamu perlukan ke kamar kamu. Misal kamu memesan makanan dan ingin diantarkan ke kamar, maka room service tersebut yang akan mengantarkannya. Rambut basah? atau pakaian perlu disetrika? tanyakan ke pihak hotelnya apakah ada hair dryer atau setrika. Seperti pengalaman pribadiku saat menginap di Fizz, meminjam setrika untuk mengeringkan bajuku yang lembab terkena hujan dan tidak lama room service mengantarkan setrika beserta meja lipat ke kamar

Arah kiblat nutana hotel
(14)

Arah Kiblat



Aku pribadi terbiasa membawa kompas sebagai gantungan kunci walaupun jaman sekarang juga bisa menggunakan smartphone. Jangan jadikan alasan untuk tidak sholat jika di Hotel tempat kamu menginap tidak tersedia Musholla.

Kamu bisa mencari arah kiblat di atap kamar, biasanya berbentuk sticker panah bertuliskan "Kiblat". atau juga kadang berada di laci meja rias. Kok bisa disana ya? mungkin agar hotel terlihat universal. Jangan lupa bawa sajadah saat menginap di Hotel. Tidak begitu berat dan cukup penting. Namun jika kamu tidak membawanya, coba pinjam ke hotel.

Kolam Renang Blue Heaven Bali
(15)

Kolam Renang


Sepertinya kurang pas jika hotel mewah tanpa kolam renang yang indah. Oleh sebab itu aku terkadang lebih suka mencari hotel yang memiliki kolam renang yang indah dan nyaman. Kamu tidak perlu membawa handuk dari kamar untuk mandi ke kolam. Cukup bilang ke petugas kolam, nanti petugas kolam akan meminjamkan handuk.

Sebagian Hotel menyediakan kolam renang untuk umum yang artinya walaupun kamu tidak menginap di Hotel tersebut kamu bisa renang di sana. Seperti pengalamanku saat renang di Atanaya dan juga Blue Heaven. Untuk harga, biasanya pihak hotel memberikan paketan. Paket renang dengan makanan snack dan minuman atau softdrink.



Nah...! 15 hal diatas yang mungkin perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menginap di Hotel. Mungkin ada yang punya tambahan?

Semua artikel di blog ini hanyalah untuk berbagi. Mohon maaf jika ada salah dalam penulisan kata. Kritik dan saran sangat diterima, silakan meninggalkan komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih

4 comments:

  1. Mantab, komplit banget infonya. deatail.
    makasih udah sharing mas.

    BalasHapus
  2. wah, bisa buat refrensi nih kalau mau menginap kehotel bintang lima belum pernah soalnya

    BalasHapus